Sosialisasi Mobile JKN Guna Meningkatkan Kemudahan Akses Pelayanan Kesehatan di Desa Batannyuh
Oleh Nadya Lela Ainika
Seiring perkembangan teknologi, pelayanan kesehatan kini banyak tersedia dalam bentuk digital service, salah satunya yaitu Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Mobile JKN adalah pengembangan aplikasi BPJS Kesehatan yang dapat diakses dari ponsel pintar dan menyediakan berbagai macam pelayanan kesehatan mulai dari informasi program JKN sampai konsultasi dengan dokter. Untuk meningkatkan literasi digital mengenai Mobile JKN ini, mahasiswa KKN-PPM UGM dari unit 2022-BA007 mengadakan sosialisasi Mobile JKN pada 21 Juli 2022 di Balai Banjar Desa Batannyuh dan dihadiri oleh ibu-ibu kader lansia dan balita.
Sosialisasi dilaksanakan dengan pemaparan materi oleh mahasiswa KKN, Nadya Lela Ainika dengan menggunakan media video aplikasi Mobile JKN. Materi yang disampaikan terkait cara mengunduh aplikasi, informasi seputar JKN, informasi lokasi fasilitas kesehatan terdekat, informasi ketersediaan tempat tidur, pendaftaran peserta baru pada program Mobile JKN, artikel kesehatan, dan informasi lainnya seputar fitur dari aplikasi tersebut.
Pemaparan materi diteruskan dengan praktik penggunaan aplikasi secara langsung. Para kader dibimbing secara langsung setiap tahap penggunaan aplikasi agar materi yang diberikan mudah dipahami dan diaplikasikan. Para kader menunjukkan rasa antusiasmenya dengan menanyakan salah satu layanan yang diberikan oleh aplikasi ini berupa lokasi fasilitas kesehatan terdekat yang memerlukan aktivasi lokasi dari ponsel pintar pengguna. Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan literasi masyarakat mengenai Mobile JKN akan meningkat, sehingga berdampak pada akses pelayanan kesehatan yang lebih mudah dan efektif.